Senin, 15 Oktober 2012

backlash pada roda gigi (gear)


PENGARUH BACKLASH BESAR DAN KECIL PADA GEAR




1.      PENGARUH BACKLASH BESAR PADA GEAR
Pemakaian gear reducer pada dasarnya untuk  memperoleh torsi yang lebih besar dan pada saat yang sama juga berfungsi untuk mereduksi kecepatan.
Jika gear reducer yang semestinya ada didalam sistem penggerak, namun karena sesuatu sebab dihilangkan oleh perancang mesin nya, maka motor yang dipilih terpaksa harus mempunyai daya yang lebih besar.
Kerugian nya adalah, yang pertama biaya yang lebih besar dan yang kedua motor tersebut terpaksa dijalankan pada kecepatan rendah (bahkan dapat jauh di bawah kecepatan nominal) sehingga motor cenderung menjadi lebih panas karena pendingian motor yang kurang memadai,selain itu pemakaian arus juga tidak effisien. 
Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen puntir yang lebih besar untuk diteruskan ke steering lingkage. Steering lingkage akan meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan. Jenis sistem kemudi pada kendaraan menengah sampai besar yang banyak digunakan adalah model recirculating ball dan pada kendaraan ringan yang banyak digunakan adalah model rack dan pinion.
Perbandingan steering gear yang semakin besar akan menyebabkan kemudi semakin ringan akan tetapi jumlah putarannya semakin banyak, untuk sudut belok yang sama.




2.      PENGARUH BACKLASH KECIL TERHADAP GEAR
Pemakaian gear reducer pada dasarnya untuk  memperoleh torsi yang lebih kecil maka pada saat yang sama juga berfungsi untuk mempercepat laju kecepatan.
Keuntungannya adalah, yang pertama biaya yang lebih kecil dan yang kedua motor tersebut terpaksa dijalankan pada kecepatan tinggi.
Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen puntir yang lebih kecil untuk diteruskan ke steering lingkage. Steering lingkage akan meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan. Jenis sistem kemudi pada kendaraan menengah sampai kecil yang banyak digunakan adalah model recirculating ball dan pada kendaraan ringan yang banyak digunakan adalah model rack dan pinion.
Perbandingan steering gear yang semakin besar akan menyebabkan kemudi semakin berat akan tetapi jumlah putarannya semakin kecil, untuk sudut belok yang sama.
Dan berakibat Keausan pada roda gigi percepatan. Pemindahan saat roda masih berputar mengakibatkan gesekan pada celah (backlash) roda gigi. Celah ini lama kelamaan bisa semakin besar. Nah, celah yang besar itulah yang kemudian mengakibatkan bunyi di sistem transmisi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar